7 Langkah Jitu Untuk Menebang Kumis dan Cambang yang Sudah Selebat Hutan

Beruntunglah kita yang terlahir sebagai laki-laki, pasalnya kita telah dianugerahi hidup yang serba praktis oleh Sang Maha Pencipta. Tidak seperti para cewek yang mesti memakai lima jenis mekap berbeda demi mendandani wajahnya, kita sebagai cowok paling-paling hanya butuh satu atau dua produk agar wajah kita terlihat rapi — salah satunya ya pisau cukur! Saking sederhana dan mudahnya senjata tersebut digunakan, tak jarang kita jadi menggampangkannya. Untuk mencukur kumis dan jenggot yang sudah lebat saja kadang kita lupa.

Nah, karena kami peduli dengan penampilan kalian, artikel kali ini akan membahas tips dan trik untuk mencukur jambang yang selebat hutan Kalimantan. Apalagi bagi kalian yang sengaja menumbuhkan berewok hingga menutupi leher, dan sekarang ingin memangkasnya — cukur biasa dengan pisau isi ulang saja tidak akan mampu menghabisi berewokmu itu.

Daripada cukur asal-asalan dan jadinya mengecewakan, simak dulu tips dan trik berikut ini.

1. Sebelum mencukur jambang lebatmu, mandi atau cuci muka dengan air hangat adalah awal yang baik.

Cuci muka dengan air panas

Cuci muka dengan air panas via www.huffingtonpost.com

Kenapa kamu sebaiknya membasuh kulit dengan air hangat? Karena air hangat akan membuat pori-pori di wajahmu rileks, dan membuat kulitmu menjadi lebih lentur. Setelah itu, balurkan conditioner di berewokmu untuk membuatnya menjadi lembut dan dan tidak kaku. Diamkan beberapa menit, lalu bilaslah dengan air bersih.

2. Cambangmu yang seperti hutan itu harus dibuat tetap lembut dan lentur. Untuk itu, balurkan minyak kelapa, canola, atau zaitun.

Minyak untuk cambangmu

Minyak untuk cambangmu via www.etsy.com

Setelah keluar dari kamar mandi, kulit di bawah jambangmu akan lembut dan lentur. Perlakuan dengan minyak ditujukan agar mengunci kelembaban tersebut. Selain itu, minyak membantu melumasi pisau ketika bergerak melintasi kontur wajah kamu, mengurangi torehan dan iritasi.

3. Merek dan jenis pisau apapun yang kamu gunakan, pastikan ia selalu tajam.

Straight razor, lebih tahan lama

Straight razor, lebih tahan lama via catherinesherman.wordpress.com

Jangan pakai lagi pisau cukur yang sudah berumur tiga bulan. Pasalnya, pisaunya tak mungkin setajam produk yang belum pernah digunakan. Nggak heran pas ketika dipakai lagi, bukannya wajah mulus nan rapi yang didapat, malah wajah penuh luka sayatan pisau cukur dengan sedikit rambut yang masih menyembul tak beraturan.

Untuk itu, mulai sekarang, wajib bagi kamu untuk mengganti pisau cukurmu maksimal satu bulan sekali. Namun jika kamu menggunakan straight razor sperti gambar diatas, kamu nggak perlu repot-repot menggantinya. Karena straight razor tersebut memang sudah didesain sedemikian rupa agar bisa awet dan tahan lama.

4. Awali ritual mencukurmu mulai dari tempat-tempat tumbuhnya rambut. Jangan mencukur sekaligus — potong jambangmu dengan gerakan-gerakan pendek.

Saling bercukur

Saling bercukur via www.amazon.com

Banyak laki-laki termasuk saya, yang melakukan kesalahan umum dengan mencukur jambang dalam sekali sayat. Padahal, gerakan-gerakan pendek akan memudahkanmu mengontrol pisau cukur. Hal ini juga dapat dilakukan untuk meminimalisasi iritasi atau luka sayatan kecil.

Hal yang paling umum biasanya mencukur jambang dari atas ke bawah. Bukan malah sebaliknya! Jika kamu mencukur dari bagian bawah ke atas, maka siap-siap saja pori-porimu akan terbuka lebih lebar, dan tak jarang menimbulkan iritasi.

6. Segera setelah selesai bercukur, bilaslah wajahmu dengan air dingin. Ini akan menutup pori-pori dan mengencangkan wajahmu kembali.

Cuci dengan benar

Cuci dengan benar via www.wbht-biotech.com

Bersihkan semua cream ataupun minyak yang tersisa di wajahmu. Air dingin akan menutup pori-porimu, dan akan mengencangkan kembali wajahmu, yang sebelumnya lentur karena air panas. Untuk memastikan wajahmu sudah benar-benar bersih dari minyak, tak ada salahnya mengusapkan toner di wajahmu dengan menggunakan kapas. Tapi ingat, jangan pakai yang mengandung alkohol karena ini akan menyebabkan kulitmu yang baru dicukur terasa perih.

7. Wajahmu bisa terasa kering dan kasar setelah melakukan ritual mencukur jambang. Jika punya moisturizer, segeralah aplikasikan.

Sekarang kamu siap mencukur jambang!

Sekarang kamu siap mencukur jambang! via banditphotographer.blogspot.com

Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah mengusapkan moisturizer ke wajahmu agar kamu mendapatkan kembali wajahmu yang lembut. Agar kulitmu terasa nyaman, gunakan lotion, gel, atau bedak aftershave yang berfungsi untuk melenturkan kembali wajahmu yang kaku.

Ini adalah langkah terakhir dari ritual mencukur cambang. Setelah ini, kamu pun bisa bebas melenggang ke luar rumah dengan tampilan yang lebih necis. Tak perlu malu-malu lagi mengajak gebetanmu keluar di malam minggu. Lebih lagi malu karena rambut di dagu tumbuh liar seperti daun-daun hutan!

Sumber : http://www.hipwee.com/style/7-langkah-jitu-untuk-menebang-kumis-dan-cambang-yang-sudah-selebat-hutan/

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*