Ketika Pusat Perbelanjaan Berubah Menjadi Pusat Berkumpulnya Para Arwah. Mall Mana yang Paling Horor?

Traveling nggak melulu soal destinasi, bukan? Ada pula kebudayaan, keadaan sosial, dan juga sejarah. Untuk poin sejarah, kali ini Hipwee Travel akan membahas sejarah tentang ‘destinasi’ traveling yang sangat amat kerap siapapun kunjungi. Ya, destinasi ini adalah mall atau pusat perbelanjaan yang ada di kotamu. Jalan-jalan ke mall, boleh dong disebut traveling? Kan sama-sama melepas penat (bagi sebagian orang).

Mall kali ini yang akan dibahas adalah mall yang memiliki kisah unik dan mistis yang pernah menghantui beberapa orang yang melintas di sekitarnya. Mana sajakah mall yang termasuk? Berikut Hipwee Travel akan rangkum dalam kisah beberapa mall yang memiliki kisah horor yang mengerikan! Lumayan, buat wisata malam. :p

Datang dari Ibukota Jakarta, bekas mall di Klender selalu menghantui beberapa warga yang kerap melintas di sekitarnya. Kamu tahu sejarahnya nggak?

Menyisakan tangis...

Menyisakan tangis… via citraindonesia.com

Tahu, ‘kan, cerita masa lalu mall Yogya di kawasan Klender, Jakarta ini? Pada tahun 1998 ketika kerusuhan besar-besaran meledak di Indonesia, mall ini juga menjadi sasaran oknum. Kebakaran dan penjarahan pun nggak terhindarkan. Banyak sekali korban berjatuhan dalam tragedi ini. Pascakejadian ini, berderet cerita horor menghampiri orang-orang yang melintasi kawasan ini. Salah satunya pengalaman seorang supir angkot yang mencari penumpang. Suatu malam setelah kebakaran, supir angkot ini mengangkut para penumpang yang hampir semuanya turun di depan Yogya Plaza. Ketika hendak meminta ongkos, supir tersebut dikejutkan dengan penampilan para penumpangnya yang berbadan gosong, hangus terbakar! Spontan si supir langsung lari tunggang langgang meninggalkan angkotnya. Hiiiii!

Sementara dari kota sejuta rindu, Yogyakarta, ada juga loh mall yang menyimpan kisah mistis. Ambarukmo Plaza punya cerita!

Basement!

Basement! via photobucket.com

Di balik megahnya Ambarukmo Plaza Yogyakarta yang berada di jalan Solo ini ternyata menyimpan kisah mistis. Awalnya, lahan yang dipakai adalah tanah pesanggrahan tempat tinggal Sultan Hamengkubuwono VII dan areal pepohonan yang nggak terawat. Pada awal pembangunan Amplaz, banyak sekali kejadian aneh di sana. Mulai dari pengerukan tanah hingga pembangunan pondasi. Yang paling menyeramkan adalah pada saat pembangunan basement. Dulu, belasan jiwa melayang pada proses penggalian tanah di mana pohon asem keramat berdiri kokoh. Hingga saat ini, mungkin kamu yang suka lewat basement pernah melihat sosok-sosok misterius yang berseliweran? Atau penampakan kakek tua yang duduk dekat lift? Konon, dialah penunggu pohon asem keramat tersebut!

Di balik megahnya Delta Plaza Surabaya, ternyata ada cerita horor yang menyertai. Ada yang pernah dengar soal misteri Suster Gepeng?

Susternya belum gepeng.

Susternya belum gepeng. via www.rumahberhantu.com

Konon katanya, mall ini dulunya merupakan sebuah rumkit yang dibangun pada zaman Jepang. Di rumkit ini pernah terjadi sebuah tragedi yang menewaskan seorang suster yang tengah berjaga. Menurut legenda yang berkembang, kematian suster tersebut sangat tragis, yakni terjepit sebuah lift! Lalu, setelah rumkit tersebut dirobohkan dan dibangun pusat perbelanjaan, Delta Plaza Surabaya, sosok arwah suster yang tewas terjepit lift itu pun masih menghantui. Masyarakat setempat percaya akan adanya sosok Suster Gepeng di dalam mall ini. Tapi, pada awal tahun 2000-an, pihak mall meminta seorang paranormal untuk mengusir sosok itu, untuk kenyamanan para pengunjung. Nggak tahu deh, sekarang masih ada apa enggak. Serem juga ya… 

Jauh di Sumatera Utara, Mall Sun Plaza Medan juga punya kisah mistis yang mengganggu para penjaga malam. Suara rintihan wanita yang mengusik setiap hari…

Mengintai dari eskalator~

Mengintai dari eskalator~ via news.discovery.com

Peristiwa ambruknya material bangunan di proyek bangunan dalam pengerjaan pembobokan lantai untuk eskalator di lantai 4-5 Mall Sun Plaza Medan tahun lalu ini ternyata menyimpan sebuah cerita mistis. Konon, pada tahun 2006 lalu ada sebuah tragedi mengenaskan dari seorang wanita yang nekat bunuh diri dengan terjun bebas dari lantai 4 di Sun Plaza. Beberapa tahun kemudian, menurut pengakuan penjaga mall, kerap terdengar suara-suara aneh yang cukup mengganggu. Nggak cuma itu, nggak jarang, muncul sosok misterius yang mengikut para penjaga di malam hari. Kalau sekarang, masih ada nggak ya? Ngeri juga kalau lagi jalan-jalan, tiba-tiba ada yang ngikutin dari belakang….

Kisah dari Palembang, Mall PTC juga menyita perhatian publik. Sebuah cerobong legendaris yang nggak bisa dirobohkan

Cerobong asap.

Cerobong asap. via www.voaindonesia.com

Konon sebelum adanya mall PTC Palembang, kawasan ini merupakan lahan sebuah pabrik. Tepat di pusat mall ini berdiri pula sebuah cerobong asap dari pabrik yang telah dirobohkan. Menurut penuturan masyarakat setempat, ketika cerobong asap itu hendak dirobohkan, nggak ada seorang pun atau pihak mana pun yang sanggup melakukannya. Bahkan, katanya, pemerintah setempat sempat membuat sayembara, barang siapa yang bisa menghancurkan cerobong itu, akan mendapatkan hadiah. Waduh. Bener nggak tuh? Nah, menurut cerita yang beredar, siapa pun yang mengusik cerobong asap itu, akan terkena musibah. Banyak dari mereka yang mencoba, malah berakhir dengan kesurupan. Wallahualam. 

Itulah beberapa mall di Indonesia yang diyakini bisa membuatmu cukup ketakutan ketika mengunjunginya. Ya, siapa tahu kamu mau berwisata horor di mall. Kalau dari pengalamanmu, mana yang paling mengerikan, Gaes?

Sumber: http://www.hipwee.com/travel/ketika-pusat-perbelanjaan-berubah-menjadi-pusat-berkumpulnya-para-arwah-mall-mana-yang-paling-horor/

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*