Ragam Corak Baju Batik Indonesia

Anda memiliki baju batik? Tentunya masih kurang lengkap bila Anda belum memiliki beberapa corak batik yang populer berikut ini. Batik adalah kesenian budaya tanah air yang bisa digunakan secara langsung. Sehingga batik ini masuk dalam aliran seni terapan. Sebagai sebuah karya seni, batik termasuk dalam karya seni yang sangat lekat dan dekat dengan masyarkat. Karena batik bisa digunakan sebagai busana dalam setiap acara bahkan busana sehari-hari. Bahkan ragam corak batik yang ada makin memperkaya batik tanah air kita. Semuanya memiliki keunikan masing-masing dan semuanya sangat indah.

Sebagai masyarakat yang peduli pada budaya bangsa, maka Anda juga harus mengenal dan memahami raham corak baju batik tanah air kita. Jika perlu Anda juga bisa mengoleksinya menjadi busana sehari-hari yang digunakan. Seperti yang diketahui bahwa corak baju untuk batik ada sangat banyak, akan tetapi hanya beberapa diantaranya yang begitu populer. Kepopulerannya ini karena memang corak pada batik ini sangat indah dan memiliki filosofi yang begitu indah. Beberapa diantaranya ialah batik Sekar Jagad. Batik ini memiliki corak yang sangat khas dengan warna identik coklat gelap. Batik ini berasal dari Yogyakarta dengan motif khasnya yaitu motif pulau pulau. Corak lain yang juga popouler ada Batik Sidomukti dari Magetan. Motif batik dari Magetan mengangkat corak bambu yang memiliki filosofi sebagai sebuah harapan untuk mendapatkan ketenangan lahir batin. Kemudian ada corak batik Jepara. Ciri khas dari corak batik ini adalah dengan pola flora, fauna. Daun ulir hijau, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk batik Solo memiliki corak yang berbeda lagi. Dengan motif yang berwarna coklat, batik khas Solo dibuat dengan gelombang-gelombang rapi yang melambangkan sebuah sungai. Ya, maksud dari batik Solo ialah untuk menggambarkan sungai Bengawan Solo yang melambangkan ketenangan.

Itulah beberapa corak baju batik nusantara yang begitu populer. Banyaknya corak batik yang ada di tanah air tentunya makin memperkaya budaya kita. Dan sebagai pecinta batik, maka tak ada salahnya bagi Anda untuk mengoleksi setiap corak yang ada.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*